Windows Phone 8.1 Perluas Pasar dengan Dukungan Resolusi Layar Terbarunya



12/02/2014(Ikuti Kami Di Twitter @harianindo)



Washington - Microsoft mulai secara perlahan-lahan memperluas jangkauan pasar dari Windows Phone, terutama dengan dukungan ukuran maupun resolusi layar terbaru mereka. Tren tersebut tampaknya juga akan dilanjutkan oleh Windows Phone 8.1. Seperti dilansir dari Phonearena (Selasa, 11/2/2014), kabar terbaru mengatakan bahwa platform tersebut akan menambahkan fitur resolusi baru tadi ke dalam smartphone dengan spesifikasi tinggi maupun rendah.

Windows Phone 8.1 akan menambahkan dukungan display qHD (540×960) dan QHD (144×2560). Resolusi maksimum yang telah beredar sebelumnya adalah 1080×1920, yang dapat ditemui pada update GDR 3 untuk Windows Phone 8. Sebagai tambahan, resolusi minimun diturunkan dari 480×800 menjadi 360×640, dan Microsoft juga akan mengimplementasikan skema desain yang responsif. Artinya, pengembang perlu meng-update aplikasi yang menggunakan resolusi dan positioning yang absolut (tidak dapat diubah), serta membuat aplikasi yang mampu meningkatkan resolusi.

Windows Phone juga diduga akan "menyerap" Windows RT. Dengan update GDR 3, Windows Phone akan mendapatkan dukungan layar 6-inchi dan/ lebih besar, serta resoulsi 1080p. Dsaat ini, Windows Phone mendapat dukungan QHD, sebuah resolusi yang lebih cocok diaplikasikan untuk tablet daripada smartphone. Namun demikian, telah beredar rumor yang mengatakan bahwa display QHD juga akan dipasangkan untuk handset (sebutan lain smartphone), namun kemungkinan terwujudnya hal itu sangat kecil, sehingga Microsoft tampaknya masih akan melirik tablet untuk hal tersebut. (Rani Soraya - www.harianindo.com)