Mengintip Fitur



Mengintip Fitur-Fitur Baru di Windows Phone 8.1

Penulis :

Insaf Albert Tarigan

CHIP.co.id - Microsoft sudah membagikan Windows Phone 8.1 Software Development Kit (SDK) kepada pengembang aplikasi sejak beberapa hari lalu. Salah satu pengembang membocorkan beberapa fitur baru dalam sistem operasi tersebut melalui jejaring sosial Reddit (Anda juga bisa melihatnya di sini).

Salah satunya adalah Windows 8.1 mendukung "Universal Apps" yang memungkinkan pengembang membikin aplikasi untuk Windows Store dan Windows Phone Store dari kode HTML dan JavaScript yang sama. Artinya, Windows phone 8.1 dan Windows 8.1 dapat menjalankan aplikasi yang nyaris identik.

Dengan pembaruan ini, Microsoft tampaknya mendekatkan Windows Phone dan Windwos RT, sehingga aplikasi bikinan pengembang dapat digunakan di perangkat mana pun. Microsoft juga beralih ke paket .appx untuk Windows Phone 8.1, sama dengan format yang digunakan untuk mendistribusikan aplikasi Windows 8.





Selain itu, Microsoft tampaknya juga akan memungkinkan pengguna Windows 8.1 untuk mengganti aplikasi pesan default mereka, seperti yang biasa pengguna Android lakukan. Artinya, kita bisa menerima pesan atau telepon menggunakan aplikasi pihak ketiga. Hal serupa sudah dilakukan Microsoft sebelumnya di Windows Phone 8, yang memungkinkan pengembang membuat aplikasi kamera untuk menggantikan apliaksi standar.





Perbaikan lain juga mencakup fitur "Battery Power Sense" untuk memantau dan melacak daya baterai, dukungan VPN, dan tentu saja mengubah merek SkyDrive menjadi OneDrive. Menariknya, Windows Phone 8.1 akan dilengkapi "Storage Sense" agar Anda bisa memasang apliaksi ke SD card. Bocoran di Reddit juga memperlihatkan aplikasi Music and Video yang sudah dipisahkan, sedangkan aplikasi Music+Video sudah dihapus.

Microsoft juga memperbaiki fitur multitasing. Pengembang melaporkan, tombol back kini tak lagi langsung mematikan aplikasi, tetapi menundanya di background seperti di Windows 8. Perbaikan multitasking juga meliputi cara menutup aplikasi yang bisa dilakukan pengguna hanya dengan menyapu layar ke bawah.





Yang juga tak kalah penting adalah perubahan aplikasi kamera, opsi untuk mengakses iCloud, dan penghilangan aplikasi integrasi Facebook di aplikasi Foto. Namun, Microsot masih mempertahankan Twitter. Internet Explorer juga sudah diperbarui di Windows Phone 8.1 ke versi 11.

Fitur lengkap Windows Phone 8.1 ini akan kita ketahui ketika Microsoft meluncurkannya secara resmi pada konferensi Build pada April mendatang. Salah satu fitur yang juga ditunggu banyak orang adalah asisten personal mirip Siri yang diberi nama Cortana.