Action Center, Fitur Baru Windows Phone 8.1



Action Center adalah salah satu fitur baru yang diusung oleh sistem operasi Windows Phone 8.1. Secara umum, fitur Action Center ini tak jauh berbeda dari Notification Center yang dimiliki oleh Android. Baru-baru ini memang telah beredar screenshot yang menunjukkan kehadiran fitur Action Center.

Seperti yang kita ketahui, saat ini Microsoft sedang mengembangkan Windows Phone 8.1 yang merupakan update besar untum sistem operasi Windows Phone 8. Raksasa perangkat lunak asal Redmond ini ingin melengkapi fitur Windows Phone agar dapat bersaing dengan Android dan iOS.

Salah satu fitur utama yang diusung oleh Windows Phone 8.1 adalah Action Center yang menawarkan pengguna akses cepat untuk mengaktifkaan atau menonaktifkan beberapa fitur penting, sebut saja WiFi, Bluetooth, Airplane Mode, dan Driving Mode.



Action Center pada Windows Phone 8.1 akan menampilkan pemberitahuan yang dibagi berdasarkan aplikasi. Tak hanya itu, Microsoft juga membekali fitur Action Center dengan fungsi "Clear All" untuk membersihkan semua notifikasi dan All Settings untuk melakukan konfigurasi fitur Action Center.

Berdasarkan informasi yang telah beredar, fitur Action Center ini akan hadir pada rilis Windows Phone 8.1 yang kabarnya akan digelar pada ajang Microsoft Build Conference yang akan digelar pada 2 April mendatang di San Fransisco.

Selain kehadiran fitur Action Center, Windows Phone 8.1 kabarnya juga akan membawa fitur asisten cerdas untuk menyaingi Apple Siri, Samsung S Voice, dan Google Now, yakni disebut Cortana. Asisten cerdas Cortana ini akan memiliki fingsi dan fitur yang tak jauh berbeda dengan Siri.

Seperti yang dilansir dari Pocket Lint (09/02/2014), sampai saat ini belum diketahui kapan rilis sebenarnya dari Windows Phone 8.1. Namun, kehadiran fitur Action Center tampaknya memang kabar yang akurat.