Cortana, Asisten Pribadi di Windows Phone 8.1 Bisa Diajak Bercanda



Cortana, Asisten Pribadi di Windows Phone 8.1 Bisa Diajak Bercanda

Penulis :

Tofin Bravo

CHIP.co.id - Kita sudah mendengar bocoran tentang Cortana sejak bulan lalu, namun Microsoft baru meluncurkannya secara resmi sepaket dengan Windows Phone 8.1 di San Fransisco, Rabu (3/4). Cortana adalah jawaban Microsoft terhadap asisten pribadi digital semacam Siri, Samsung S Voice atau Google Now yang sudah terlebih dahulu kita kenal.

"Saya sangat senang dan bersemangat untuk memperkenalkan asisten pribadi digital milik kami untuk Windows Phone," kata Kepala Pengembangan Windows Joe Belfiore saat memperkenalkan Cortana di acara Microsoft Build Conference.

Layaknya asisten atau sekretaris pribadi dalam dunia nyata, Cortana bisa kita perintahkan untuk mencatat jadwal rapat, melakukan pencarian hal tertentu, memutar musik atau menelepon seseorang. Makin lama, Cortana akan semakin pintar karena ia belajar dari hal-hal yang kita ketik di mesin pencari Bing. Ya, Bing adalah salah satu pendukung utama asisten ini.

Pada Windows Phone, Cortana memiliki ikon bulat dengan mengadopsi warna yang sama seperti logo Windows Phone. Animasi gelombang akan muncul saat ditekan, dan akan berputar saat melakukan pencarian.

Saat demonstrasi, kemampuan Cortana tampak sangat menjanjikan. Ia, misalnya, bisa menjawab pertanyaan yang tak lengkap, seperti "Celcius di Las Vegas".

Cortana bahkan bisa diajak bercanda. Saat demonstrasi, Joe misalnya bertanya, "Hai Cortana, apakah kau menyukai namamu?" Lalu, Cortana menjawab, "Cortana, aku menyukainya, Lebih menarik dibanding Microsoft Personal Assistant V1 2014." Dia juga bertanya, "Seberapa banyak kalori dalam sebuah pisang?" dijawab Cortana dengan menampilkan gambar pisang berikut informasi tentagnya.

Yang menarik adalah ketika Joe bertanya "Apa cerita game Halo berikutnya?" Cortana menjawab, "Aku cukup yakin Anda tak punya izin keamanan yang tepat untuk informasi itu."

Ia mengerti kalimat panjang, seperti "Lain kali ketika aku berbicara dengan kakakku ingatkan aku untuk menanyakan anjing barunya." Cortana akan menindaklanjuti perintah ini dengan mencari nomor telepon yang bersangkutan, lalu menuliskan pengingat kepada pengguna.





Sama dengan Google Now, Cortana punya sejumlah daftar informasi yang bisa kita tanyakan, termasuk jadwal penerbangan, restoran di Palo Alto dan sebagainya. Khusus untuk informasi tentang restoran ini, Microsoft menggunakan data Yelp. Artinya, besar kemungkinan Cortana tak akan bisa digunakan di Indonesia atau kemampuannya jauh lebih terbatas.

Joe menjelaskan, Cortana akan tersedia dalam versi beta di Amerika Serikat lalu menyusul negara-negara lainnya.

Editor : Insaf Albert Tarigan