Tiga Smartphone Lumia Jalankan Windows Phone 8.1



Nokia luncurkan Lumia 630, 635, dan 930. Ketiganya bakal menjalankan Windows Phone 8.1.



Setelah pengenalan Windows Phone 8.1, Nokia mengumumkan tiga smartphone Lumia yang bakal menjalankan sistem operasi terbaru tersebut. Ketiganya adalah Lumia 630 dan 635 di segmen pasar low- end dan Lumia 930 untuk segmen premium.

Lumia 630 dan 635 berlayar 4,5 inci didayai oleh prosesor Snapdragon 600 quad-core 1,2GHz. Lumia 630 seharga $169 memiliki SIM ganda. Keunggulan SIM ganda menurut Stephen Elop (VP Microsoft untuk Nokia Devices & Services) dibandingkan smartphone lainnya yang sama, pengguna dapat menyetel panggilan dan SMS serta fungsi-fungsi lainnya pada SIM yang berbeda. Sehingga mereka tidak perlu berpindah-pindah SIM setiap saat. SIM ganda tersebut juga memungkinkan pengguna memisahkan antara panggilan personal dan bisnis.

Lumia 630 akan datang dengan versi 3G SIM tunggal atau 3G SIM ganda, yang merupakan Lumia pertama ber- feature SIM ganda. Sedangkan Lumia 635 ($159) akan mendukung 4G LTE.

Lumia 930 yang berharga premium, $599, akan memiliki layar 5 inci dengan prosesor Snapdragon 800 quad-core 2,2GHz. Kamera belakangnya PureView 20 megapixel.

Ketiga model Lumia tersebut, yang akan tersedia pada musim panas di Amerika Serikat, memperkenalkan SensorCore, yaitu motion sensing service yang di- link dengan Bing Health dan aplikasi Fitness. SensorCore menggunakan listrik daya rendah.

Pada sesi yang sama Elop juga mengumumkan update ke sistem operasi Windows Phone 8.1 untuk semua smartphone Lumia yang sudah ada via over-the-air update pada musim panas ini. Elop juga menyinggung soal akuisisi Nokia oleh Microsoft senilai $7,2 milyar yang akan rampung beberapa hari atau minggu mendatang.





Editor senior di InfoKomputer & PCplus. Memiliki spesialisasi pada penulisan fitur untuk bidang produk konsumen dan UKM