Microsoft Gratiskan Biaya Lisensi Windows Phone untuk Saingi Android





Sistem operasi Android besutan Google saat ini memang menjadi penguasa sistem operasi untuk perangkat mobile di dunia, terbukti banyaknya vendor-vendor teknologi yang mengadopsi sistem operasi besutan Google tersebut. Tapi hal ini dianggap wajar karena memang Google menggratiskan lisensi Android kepada para pengembang. Dan langkah itulah yang akan coba ditiru Microsoft untuk sistem operasi besutannya Windows Phone.

Seperti yang dikansir dari PC Mag, dalam ajang Microsoft Build Conference di San Francisco, Amerika Serikat, EVP grup Microsoft OS yaitu Terry Myerson memastikan bahwa Microsoft akan menggratiskan seluruh biaya lisensi penggunaan Windows Phone untuk produsen smartphone dan tablet.

Namun Microsoft sendiri memberikan batasan bagi produsen yang akan mengadopsi Windows Phone secara gratis. Microsoft mengatakan bahwa lisensi gratis tersebut hanya untuk perangkat yang berukuran layar dibawah 9 inci. Artinya, lisensi gratis dari Microsoft itu tidak berlaku bagi perangkat Windows Phone dengan ukuran layar di atas 9 inch atau yang biasanya diadopsi oleh tablet multimode.

Terry Myerson sendiri mengatakan bahwa "Untuk mendorong adopsi aplikasi Windows Phone dan mendapatkan lebih banyak pengguna, pada ponsel dan tablet dengan ukuran layar kurang dari 9 inch kami membuat biaya lisensi Windows Phone tersedia hanya dengan 0 USD."

Menariknya, ternyata tawaran gratis yang diberikan Microsoft ini tidak hanya berlaku bagi Windows Phone saja. Perangkat yang menggunakan Windows 8.1 terbaru juga digratiskan lisensinya. Asalkan perangkat yang menggunakannya juga memiliki ukuran di bawah 9 inch.

Dengan lisensi gratis ini, sangat terbuka bagi produsen smartphone maupun tablet untuk menghadirkan perangkat Windows Phone yang lebih terjangkau. Dengan begitu, kompetisi di segmen bawah pun akan semakin menarik karena tidak hanya didominasi oleh Android saja. (Lingga/journalist/VM/VBN-PC Mag)Editor : Evi Fogimage : Ubergizmo