Di Amerika Serikat Blackberry Sudah “Keok” dari Windows Phone



GadgetGan - Kemunduran Blackberry memang sudah menjadi rahasia publik, perusahaan asli kanada ini tengah berjuang untuk kembali bangkit menggaet pasar dunia dalam beberapa tahun terakhir karena kalah saing dengan para kompetitornya. Bahkan baru-baru ini dikabarkan bahwa pangsa pasar Blackberry di Amerika Serikat kini pun kalah dengan pangsa ponsel Windows Phone yang mana bisa dibilang pendatang baru.



Menurut berita yang dilansir PhoneArena (25/4), sebuah lembaga survey Nielsen memaparkan bahwa Windows Phone secara perlahan namun pasti mulai merangkak naik dalam pangsa penjualannya. Saat ini Windows Phone yang mana menjadi produk andalan dari Microsoft ini bahkan telah berhasil meningkatkan pangsa pasar mereka sebesar 1 persen sehingga mereka tercatat telah menguasai total 3 persen penjualan ponsel pintar di Negara Paman Sam.

Fakta tersebut menunjukkan hal lain, yakni hanya dengan 3 persen pangsa pasar, Windows Phone secara tidak sengaja ternyata juga telah menggeser Blackberry yang mana pangsa pasar mereka justru merosot sebesar 1 persen ke angka total 2 persen saat ini. Dengan begitu, kedua perangkat ini hanya bertukar posisi saja.



Sementara kedua belah pihak antara Windows Phone dan Blackberry saling bertukar posisi, di peringkat atas Android masih kokoh menguasai pangsa pasar dengan angka 52 persen lalu disusul oleh iOS dengan 42,5 persen. Dilihat dari manufakturnya, Apple masih menjadi penguasa penjualan smartphone di Amerika Serikat dengan iPhone mereka, kemudian disusul oleh Samsung dengan penguasaan pasar sebesar 28,7 persen. (AN)