DirectX 12 Tingkatkan Kemampuan Gaming Windows Phone





Rilis API (Application Programming Interface) DirectX 12 kabarnya akan meningkatkan kemampuan dan pengalaman gaming smartphone dengan sistem operasi Windows Phone. Tentu saja hal ini menjadi angin segar bagi gamer yang menggunakan smartphone dengan sistem operasi Windows Phone.

Peningkatkan kemampuan dan pengalaman perangkat Windows Phone dalam memainkan game melalui DirectX 12 ini diungkapkan oleh pembesut SoC (System on Chip) Qualcomm. Standar API DirectX 12 sendiri akan dirilis pada platform Windows dan Windows Phone pada akhir 2015 mendatang.

Peningkatan performa dan pengalaman bermain game melalui standar DirectX 12 ini tampaknya merupakan buah kerjasama antara Microsoft dan Qualcomm yang memastikan bahwa GPU (Graphics Processing Unit) Adreno yang terdapat dalam chipset Snapdragon akan medukung penuh API DirectX 12.

Apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh standar DirectX 12 ini? DirectX 12 akan meningkatkan kualitas grafis game secara signifikan. DirectX 12 juga akan membawa pneingkatan performa saat bermain game dengan meningkatkan kinerja dari GPU dan CPU, serta menjaga keduanya agar tetap efisien dalam hal konsumsi daya.

Sayangnya, seperti yang sudah diungkapkan pada paragraf di atas, dukungan API DirectX 12 akan hadir di Windows Phone dalam waktu yang masih cukup lama, paling cepat adalah akhir tahun 2015 mendatang. Saat ini, platform Windows Phone telah mendukung DirectX 11 yang dimodifikasi menggunakan Direct3D.

Modifikasi DirectX 11 yang didukung Windows Phone saat ini membuat pengguna tak dapat menikmati semua fitur yang ditawarkan oleh DirectX 11. Hal ini disebabkan karena Microsoft memangkas fiturnya menjadi setara dengan DirectX 9.3.

Seperti yang dilansir dari Phone Arena (27/03/2014), pengguna Windows Phone tampaknya harus sabar menanti kehadiran dukungan API DirectX 12 untuk ponselnya.