Cortana: Inilah Tampilan Pesaing Siri di Windows Phone



Cortana adalah asisten cerdas pesaing Siri yang dirancang khusus oleh Microsoft untuk sistem operasi Windows Phone 8.1. Baru-baru ini beredar tampilan antarmuka asisten cerdas Cortana yeng bersumber dari situs The Verge. Apa saja yang ditawarkan oleh Microsoft Cortana ini? Simak ulasan berikut ini.

Microsoft mengembangkan asisten cerdas Cortana untuk menyaingi asisten cerdas Siri yang terdapat di Apple iOS dan Google Now yang terdapat di Android. Nama Cortana sendiri berasal dari seorang karakter wanita di game Halo yang kini digunakan sebagai nama asisten cerdas untuk Windows Phone 8.1.

Berdasarkan foto dari The Verge, terlihat tampilan antarmuka Cortana yang cukup sederhana. Tampilan Cortana ini hanya terdiri dari lingkaran kecil yang terdapat tulisan "Need something?". Pengguna dapat bertanya atau memerintahkan pada Cortana untuk melakukan sesuatu, sama seperti Apple Siri dan Google Now.



The Verge juga mengatakan bahwa fitur Cortana ini telah mendukung fitur kostumisasi pengguna seperti yang ditawarkan oleh Apple Siri. Hal ini memungkinkan pengguna mengubah nama asisten cerdas tersebut sesuai keinginan pengguna, dan beberapa fitur canggih lainnya.

Informasi terakhir yang beredar menyebutkan bahwa Microsoft akan menggunakan "Notebook" sebagai nama resmi dari fitur asisten cerdas Cortana ini. Sayangnya, informasi ini belum mendapat konfirmasi dari pihak Microsoft. Cortana sendiri nantinya akan memanfaatkan layanan Bing Search, Forsquare, dan layanan lainnya sebagai back-end dari fitur Cortana.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (03/03/2014), sampai saat ini belum ada kejelasan mengenai kapan fitur Cortana ini akan hadir di Windows Phone. Banyak pihak yang menduga bahwa Cortana ini adalah salah satu fitur unggulan yang akan diusung oleh sistem operasi Windows Phone 8.1 yang rencananya akan dirilis April 2014 mendatang.