Windows Phone 8.1 Hadir April Ini





Microsoft dikabarkan telah bersiap untuk meluncurkan update dari sistem operasi mobile-nya yaitu Windows Phone 8.1 yang diperkirakan akhir April ini.

Menurut ZDNet, Windows Phone 8.1 versi RTM akan hadir setelah gelaran konferensi Microsoft Build 2014 pada 2 April nanti. Dan sistem operasi ini tidak akan sampai ke publik hingga akhir April, setelah Microsoft dan para mitranya merampungkan hal-hal yang berkaitan antara sistem operasi dengan perangkat pendukungnya.

Tidak ingin mengulang kesalahan dimana pengguna Windows Phone 7 tidak bisa melakukan upgrade ke Windows Phone 8 saat pertama diluncurkan, Microsoft menyatakan bahwa pengguna Windows Phone 8 bisa melakukan upgrade ke 8.1. Hal ini sekaligus menghilangkan kekuatiran para pengembang aplikasi seperti yang pernah terjadi saat peralihan dari Windows Phone 7 ke Windows Phone 8.

Sebelumnya sempat beredar rumor bahwa sistem operasi mobile dan desktop tersebut bakal memiliki fitur dan tampilan yang makin mirip. Namun sepertinya hal tersebut tidak terbukti mengingat dari bocoran yang berhasil dihimpun, tidak terdapat perubahan yang menuju ke arah sana.

Microsoft memang belum mengumumkan detailnya secara resmi, namun beberapa pengamat telah membocorkan apa saja yang sekiranya bakal hadir di Windows Phone 8.1. Pembaruan yang bakal hadir diantaranya yaitu fitur notification center yang mirip dengan yang ada pada Android dan iOS. Akan hadir pula aplikasi voice assistant yang memiliki fungsi mirip Siri milik Apple atau Google Now milik Google dengan nama Cortana. Selain itu juga akan disertakan tombol Back, Start, dan Search, dibarengi dengan pengendali suara terpisah untuk fungsi ringtone dan playback media.