Tablet Android dan Windows Phone Masih Kalah dengan iPad





TRIBUNJOGJA.COM - Tahun 2013 tidak lama lagi akan kita tinggalkan. Banyak dari pencinta gadget yang bertanya-tanya, produk terbaik apa saja yang pernah hadir di tahun ini? Mengingat banyak inovasi dan teknologi terbaru yang kita lihat hadir di sepanjang tahun ini, tentunya akan sangat menarik untuk mengetahui hal tersebut.

Tidak hanya itu, kita pun juga ingin mencari tahu, siapa saja produsen gadget yang dianggap sukses menghadirkan perangkat besutannya sehingga penjualannya berjalan lancar? Tidak sekadar sukses di pasaran, tentunya perangkat tersebut juga memiliki nilai tambah bagi penggunanya, seperti produktivitas misalnya.

Terkait dengan hal itu, NPD Group belum lama ini telah merilis laporan terbarunya terkait perangkat yang sukses dalam penjualannya di pasar Amerika Serikat. NPD mencatat, iPad yang dibuat oleh Apple masih menjadi perangkat yang masih mendominasi dalam pasar tablet, meskipun penjualannya di tahun ini mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu.

Di belakang tablet iPad ada produk tablet Android dan Windows yang terus mengejar. Menariknya, penjualan tablet Android dan Windows terus mengalami pertumbuhan. Pada tahun lalu, Android hanya mencatat sebesar 4,2 persen dan tahun ini melonjak menjadi 8,7 persen.

Sedangkan tablet Windows yang tahun lalu hanya tercatat 0,8 persen, kini di tahun 2013 raihannya sebesar 2,2 persen. Yang menjadi pertanyaan, apakah tablet Android dan Windows mampu mengejar ketertingalannya di tahun 2014 nanti?

Laporan menarik lainnya yang dirilis oleh NPD Group adalah persaingan MacBook buatan Apple dengan Chromebook dari Google. Dalam laporan tersebut, MacBook tertinggal cukup jauh dengan Chromebook.

Pada tahun ini, MacBook hanya mencatat angka penjualan sebesar 1,8 persen, sedangkan Chromebook tercatat sebesar 9,6 persen. Sebuah selisih angka penjualan yang terbilang tidak kecil.

Tentunya, persaingan antara MacBook dengan Chromebook cukup menarik. Seperti diketahui bersama, Apple tahun ini telah memperbarui perangkat tersebut dengan memperkenalkan chipset terbaru dari Intel. Chipset tersebut digadang-gadang memiliki banyak keunggulan, seperti meningkatkan masa pakai baterai dan juga terintegrasi dengan GPU yang memiliki kinerja lebih optimal.

Laporan yang dirilis oleh NPD Group juga menunjukkan penjualan desktop yang tahun ini mulai merosot. Tercatat, pada tahun lalu angka penjualan yang sempat diraih adalah sebesar 32,3 persen dan tahun ini menurun hingga menunjukkan angka 27,8 persen.

Hal yang sama juga diikuti oleh penjualan notebook berbasiskan Windows. Pada tahun ini, angka yang diraih hanya sebesar 34,1 persen berbeda dengan tahun sebelumnya yang mencapai angka 42,9 persen. (*)